Air Terjun Curug Cimandi Racun Garut

Suka wisata Air Terjun? Tempat Wisata di Garut yang sangat indah ini adalah Curug Cimandi Racun.Curug Cimandi  atau kerap dimaksud juga Curug Cimandi Racun terdapat di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, serta di samping utara berbatasan dengan Desa Rancasalak, Desa Danau di samping barat, Desa Cikelet di samping selatan, serta Desa Ranca Salak di samping timur. Luas lokasi desa sebesar 988. 602 ha, sedang luas objeknya seputar 1 ha yang status kepemilikannya yaitu tanah kebiasaan orang-orang Kampung Pasir Kunci serta Kampung Singkur.

Kesibukan yang bisa dikerjakan di Curug Cibuni Racun itu diantaranya nikmati panorama alam. Lokasi itu belum dikelola dengan cara baik serta profesional. Satu diantara pemicunya lantaran objek itu masuk dalam ruang tanah kebiasaan jadi penyediaan sarana atau prasarana tak demikian bertujuan pada usaha.

Segi Spesial
Curug Cimandi Racun memiliki ketinggian 25 m serta sumber airnya datang dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Letak air terjun itu ada pada ketinggian 1045 diatas permukaan laut dengan reka bentuk alam berlembah dibarengi kemiringan tempat yang curam. Selama jalan setapak menuju tempat objek adalah titik pandang yang cukup strategis untuk lihat panorama alam seputar yang indah. Seputar lokasi mempunyai daya serap tanah yang cukup baik dengan type material tanah berbatu.

Kwalitas serta kebersihan lingkungan yang cukup ideal itu tampak dari sekurang-kurangnya sampah yang bertebaran. Situasi bentang alam Curug Cibuni Racun itu termasuk baik lantaran tingginya air terjun itu ditambah hamparan alam yang hijau serta asri. Satu diantara nilai lebih objek itu yaitu aspek suhu atau temperatur. Temperatur lokasi yang sejuk, sekitar pada 23-25 derajat celsius sangatlah mensupport aktivitas wisata.

Daya tarik Curug Cibuni Racun tidak cuma karekteristik alamnya namun juga dari legenda atau dongengnya. Dongeng yang melatarbelakangi nama dari air terjun itu bersumber dari narasi pada jaman kerajaan. Dongeng ini menceritakan bahwa pada jaman jaman dulu ada satu sayembara memperebutkan seseorang putri yang cantik jelita.

Beberapa juara atau jagoan silat mesti bertarung mempertaruhkan nyawa agar bisa jadi pemenang serta memperoleh sang putri juga sebagai hadiah kemenangannya. Saat sayembara itu berjalan, nyatanya akhirnya imbang hingga tak ada yang memiliki hak memperoleh putri itu. Lalu lantaran diantara ke-2 juara itu tak ada seseorangpun yang memiliki hak memperoleh sang putri, jadi putri itu disembunyikan serta diracun ditempat yang saat ini di kenal dengan Curug Cibuni Racun.

Di seputar curug itu cuma ada 1 buah shelter dengan keadaan yang cukup baik, serta hingga sekarang ini belum ada sarana akomodasi. Alternatif sarana akomodasi paling dekat yang bisa dipakai pengunjung yaitu Wisma LEC yang terdapat di Kecamatan Tarogong. Lalu untuk sarana rumah makan, jadi Rumah Makan Adika yang ada di depan Pasar Leles atau Jalan Raya Leles bisa jadikan alternatif untuk wisatawan yang mau isi perutnya.

Aksesibilitas
Untuk meraih ke objek itu bisa memakai angkutan perkotaan trayek Kadungora? Penclut dengan tarif pada Rp. 1. 000? Rp. 1. 500 atau bisa memakai ojeg dari Kadungora dengan tarif Rp. 4. 000 atau bisa memakai transportasi mikrobus dengan trayek Bandung-Pamengpeuk, yang melalui jalan akses menuju ke objek itu. Jarak terminal angkot Kadungora dari stasiun Kadungora berjarak 5 km dari objek Curug Cibuni Toksin.

Dalam usaha pencapaian ke objek pengunjung akan lewat jalan raya kecamatan sejauh 3 km dengan kwalitas jalan baik, lebar jalan mencukupi serta tak berlubang, serta lalu melalui jalan akses sejauh 500 m yang berupa foot trail, serta pada akhirnya menelusuri jalan setapak sejauh 300 m yang berupa foot trail dengan susunan permukaan tanah berpasir. Jarak pada objek serta pusat pemerintahan kecamatan seputar 7 km, sedang dengan pusat pemerintahan kabupaten berjarak 23 km, dari dengan Kabupaten Bandung berjarak 47 km dan berjarak 227 km dari ibukota propinsi, Jakarta

Tidak ada komentar :

Posting Komentar