Air Terjun / Curug Tujuh Neglasari

Walaupun Kabupaten Garut ini dikelilingi gunung, namun ada  beberapa Tempat Wisata di Garut yang berupa Air Terjun.Salah satu Wisata di Garut yang berupa curug tersebut adalah Air Terjun / Curug Tujuh Neglasari.

Biarpun Wisata Garut yang bernama Air Terjun Neglasari belum begitu terkenal, namuan tempat ini merupakan objek dan tujuan wisata yang layak kita kunjungi.

Lokasi
Curug Tujuh berada di perbatasan antara Kecamatan Cisompet dan Cikajang, di Desa Neglasari, Kecamatan Ciseompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat –Indonesia.

Curug Tujuh atau di kenal juga dengan sebutan Curug Limbung mempunyai keunikannya sendiri di mana air terjun itu bertingkat-tingkat hingga tingkatan ketujuh dengan mempunyai ketinggian meraih 50 mtr.. Karena itu jadi Curug Tujuh itu mempunyai keindahan yang khas serta sulit untuk menjumpai penyamanya. Tiap-tiap tingkatan pada curug itu ada kolam air seluas beberapa puluh mtr. persegi serta berkedalaman 1-3 mtr.. Jatuhan air dari curug itu mengalir dari sela-sela gunung termasuk juga ke sisi dari Gunung Gelap yang hutannya masih tetap asli atau alami.

Air dari Curug Tujuh jatuh menerpa tebing-tebing dari gunung itu, hingga membuat relief pada dinding gunung serta memiliki bentuk mirip tangga yang jumlahnya tujuh. Curug itu tak pernah berkurang airnya. Sekalipun kemarau tetap harus ada air yang mengalir di curug itu. Yang membedakannya cuma volume air yang terlihat sangatlah kontras bila tengah musim hujan serta musim kemarau.

Keindahan Perkebunan Teh
Bentang lokasi Desa Neglasari terbagi dalam daerah dataran rendah, serta ada pula yang daerah berbukit-bukit. Situasi Desa Neglasari nyaris beberapa besar lahannya dipakai juga sebagai perkebunan teh yang dipunyai oleh PT. Tatar Anyar Indonesia tetapi manajemennya dikelola oleh cabang PT. Teh Botol Sosro serta tempat persawahan punya orang-orang. Perkebunan teh itu terbentang dari Dusun Cikole hingga Dusun Neglasari.

Jadi Anda dapat memikirkan sendiri bagaimanakah bila situasi panorama kebun teh itu digunakan jadi tempat pariwisata, lantaran keindahan panorama perkebunan teh di Desa Neglasari lebih indah dibanding perkebunan teh di daerah Puncak, Bogor yang masih tetap alami. Serta di Desa Neglasari, kita dapat ikuti langkah pemrosesan teh dari menuai sampai pelabelan serta dapat segera rasakan hasil tehnya. Bagaimanakah Anda tertarik untuk selekasnya bertandang ke Bumi Sukabumi untuk lihat kecantikan alam yang tidak ada duanya itu?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar