Pantai Santolo

Wisata Pantai di Kota Garut ini merupakan bagian dari Tempat Wisata di Garut yang selalu menjadi idola dan tujuan utama orang yang ingin mengetahui tentang semua areal dan kawasan yang termasuk dalam Wisata di Garut.Salah satu wahana Wisata Pantai di Garut Selatan adalah Pantai Santolo yang berada di Pameungpeuk.

Sebelumnya artikel tentang Pantai Karang Paranje yang juga memiliki ciri khas dan pesonanya tersendiri.Pesona Tempat Wisata di Garut memang tak bisa kita abaikan begitu saja, apa lagi dengan makin berkembangnya penanganan dan pembangunan yang dialokasikan buat kemajuan Wisata Garut secara umum.

Pantai Santolo yaitu suatu pantai yang terdapat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut bukan sekedar populer dengan Jeruk Garut namun satu diantara pantai yang popular ada di Kabupaten Garut yakni Pantai Santolo. Terdapat di kec. Cikelet, samping selatan pusat kota Garut atau umum dimaksud Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh kurun waktu 3, 5 jam perjalanan atau seputar 88 km dari Garut Kota. Pantai itu cukup di kenal di kota Bandung serta adalah daerah maksud wisata.

Lokasi Pantai Santolo adalah berkumpulnya nelayan tradisional yang bakal di kembangkan jadi daerah maksud wisata yang indah. Juga adalah daerah untuk aktivitas nelayan juga sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Nikmati pemandangan pantai serta biota laut, adalah kesibukan wisata yang bisa dikerjakan. Ada juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk nikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Diluar itu kita dapat nikmati hidangan makanan laut yang fresh dengan sajian yang simpel. sarana yang diperlukan wisatawan cukup ada seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Di pantai Santolo garut ada Dinding-dinding bekas dermaga yang masih tetap tampak kokoh walau beberapa sudah roboh diterjang ombak atau bekas momen tsunami Laut Selatan satu tahun lebih saat silam diluar itu di Pulau Santolo ada suatu bendungan berupa persegi dengan luas 100x50 mtr. dengan Ketebalan dindingnya meraih satu mtr. yang terbuat berbahan bahan batu karang. bangunan-bangunan itu Adalah peninggalan tempat parkir perahu-perahu Hindia Belanda saat sebelum berlayar kapal-kapal mereka menuju laut terlepas di Samudra Hindia.

Beberapa besar beberapa pengunjung yang sukai mincing Bekas bendungan itu sukai di buat jadi tempat pemancingan sebatas meyalurkan hoby, Sebagian ikan-ikan kecil banyak yang mengelombol berenang menggosokannya badannya di lumut-lumut yang melekat di dinding dermaga itu.

Hamparan pasir yang putih dari barat ke timur dan keindahan pantai yang sejuk dilihat mata bakal di dapatkan waktu anda bertandang ke pantai santolo garut, diluar itu anda bakal di rekani/di seguhkan suatu dermaga yang berdiri kokoh jadi saksi bisu keindahan serta kenyamanan pemandangan yang di punyai pantai santolo, ini seluruhnya bakal anda dapatkan waktu anda berbarengan keluarga atau berbarengan pasangan liburan ke pantai santolo. Santolo adalah suatu lokasi tempat berkumpulnya beberapa nelayan tradisional lantaran di santolo ada dermaga beberapa nelayan, wisata pantai santolo sangatlah popular di daerah Jawa Barat-indonesia bahkan juga kepopulerannya dapat menyedot banyak wisatawan dari kota metropolitan seperti Bandung, Jakarta serta Bekasi bahkan juga ke luar negeri. Pantai santolo itu terdapat di daerah Garut sisi selatan, di kecamatan Cikelet.

Pesona terumbu karang yang luas bakal akan menghiasi pesisir Pantai santolo itu, Terkecuali terumbu karang, tempat ini dapat sangatlah indah dengan beragam ekosistem laut yang masih tetap alami serta belum terjamah oleh manusia yang jahil. di pantai itu sediakan sarana spesial untuk orang yang sukai ekstrim, yaitu suatu kapal booat yang menarik banana booat dengan menunggangi bananabooat itu anda dapat segera nikmati keindahan pemandangan pantai santolo Garut.

Untuk permasalahan harga anda Hanya membayar Rp. 25. 000, pantai santolo yaitu bukti bahwa di kabupaten garut tepatnya di cikelet pernah di jajag oleh belanda hal semacam ini dapat dibuktikan dengan adanyaTumpukan batu di kiri pantai yang menaikkan pesona Pantai Santolo dengan angin pantai yang sejuk hal semacam ini jadi daya tarik beberapa fotografer untuk mengambil gamar diatas tumpuan batu itu.

Fenomena alam langka bakal anda temuka di pantai santolo garut
Indonesia layak memiliki julukan surga dunia untuk beberapa pelancong hal semacam ini dikaranakan indonesia dianugerahi kekhasan alam yang terbentang dari ujung sabang hingga maroke, yang kadang-kadang tak didapati di negara lain.

Satu diantara salah satunya tempat wisata yang ada di sepanajang pantai selatanpulau jawa, umpamanya yang ada di jawabarat paling timur yaitu wisata pantai pangandaran, paling barat pelabuhan ratu, sesaat wisata pantai selatan jawabarat sisi tengan ada santolo serta rancabuaya.

Sarana di Pantai Santolo

Bila kita liburan tak merasa bahagia bila ditempat yang kita kunjungi tak mempunyai sarana yang komplit, namun rasa ini akan tidak merasa saat anda liburan ke lokasi wisata pantai santolo, Walaupun simpel tetapi sarana yang ada di seputar santolo telah di katakan komplit, salah satunya :

Losmen serta penginapan kelas menengah dengan cost yang sangatlah terjangkau dalam jumlah banyak satu diantaranya penginepan karang asri,

Ada rumah-rumah masyarakat yang terdapat di sekitar pantai yang dapat di sewa dengan harga yang relatif murah.

Perahu Sewaan yang bakal melayani wisatawan untuk nikmati pemandangan laut pantai santolo yang populer indah dengan deburan ombaknya.

Kios-kios cinderamata yang menghidangkan bermacam macam cinderamata hasil karya masyarakat setempat

Warung-warung simpel beratap daun kelapa serta terpal yang sediakan makanan serta jajanan enteng, diluar itu di warung-warung itu kita dapat nikmati makanan yang fresh seperti bakar ikan, bakar kerang serta makanan loain yang datang dari hasil nelayan setempat.

Perahu penyebrangan dengan biaya cuma 2. 000, -/oranng. Dengan perahu itu kita bakal di bawa menyeberangi muara.

Akomodasi penginepan Pantai Santolo
Ada banyak type penginepan atau hotel di pantai santolo garut yang bisa jadikan untuk bermalam oleh beberapa pengunjung atau wisatawan satu diantaranya penginepan citra agung, anda bisa dapat pilih type type penginepan/hotel di pantai santolo dengan kelas melati satu hingga hotel berbintang lima.


Hotel Karang Asri
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : JI. Raya Parneungpeuk km.12 No. 10 Tlp. (0262) 521259
Penginapan Amboina
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 19 Tlp. (0262) 521281
Penginapan Citra Agung
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 785 Tlp. (0262
Penginapan Rahmat
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun No. 10 Tlp. (0262) 251077

Wisma LAPAN
Jenis Hotel : Hotel Melati I
Alamat : Jl. Cilauteureun
Hotel Wira Kalingga
Jenis Hotel : Hotel Melati III
Alamat : Jn. Raya Pamengpeuk No 102

Tidak ada komentar :

Posting Komentar