Wisata Pantai Karang Paranje di Garut

Begitu banyaknya Tempat Wisata di Garut yang terdiri dari berbagai jenis wahana wisata ,tentu saja tak mungkin secara langsung kami informasikan.Secara bertahap kami berikan datanya dalam Paket Wisata Garut kali ini akan berbagi informasi tentang Pantai Karang Paranje sebuah Wisata di Garut yang bernuansa pantai.

Karang Paranje yaitu satu diantara Tempat Wisata di Garut yang beraroma pantai namun  belum di kembangkan jadi tempat wisata, serta mempunyai temperatur pada 17-27 derajat celcius. Cahaya matahari di pantai ini rata-rata terik serta memiliki tiupan angin yang besar. Pantai ini memiliki potensi wisata berbentuk keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di pinggir pantai, hingga pantai ini mempunyai kekhasan serta daya tarik sendiri. Di pantai ini dapat juga di nikmati situasi sore yang eksotis dari matahari tenggelam (sunset) dengan cara terang.

Luas ruang pantai ini 9 ha dengan luas lokasi sebesar 12-13 ha. Dari keseluruhnya luas itu belum ada ruang yang di bangun untuk sarana pariwisata, serta cuma dipakai juga sebagai pemukiman masyarakat, serta yang sarna sekali belum dipakai untuk apa pun sebesar 4 ha. Walau demikian orang-orang setempat sudah mempersiapkan ruang spesifik yang bakal digunakan untuk bidang Pariwisata. Orang-orang setempat sangatlah mendulDi pantai ini cuma ada suatu lapangan bola serta jembatan yang menghubungkan pada daratan dengan pesisir pantai Karang Paranje, dan suatu danau alami yang kerap dipakai orang-orang untuk menangkap ikan.

Pantai Karang Paranje mempunyai keindahan yang khas. Yakni bongkahan karang yang tampak mencolok di ujung pasir pantai yang luas, dengan shelter atau saung di puncaknya. Sepintas mengingatkan kita kembali bakal Pantai Cicalobak serta Tanah Lot di Bali, cuma saja dengan ukuran lebih kecil.

Pantai disini sangatlah luas serta indah. Di hari kerja, nyaris tak ada wisatawan yang bertandang, bikin situasi tenang serta damai sangatlah merasa. Dibawah shelter, di puncak karang, kita dapat rasakan debur-debur ombak yang tinggi serta keras khas Pesisir Selatan menghantam karang serta menggetarkan hati.
Pantai ini mempunyai konfigurasi tempat datar dengan kemiringan yang landai dan kestabilan tanah serta daya serap tanah yang baik. Type material tanah pesisir pantai berbentuk pasir halus berwarna putih serta gugusan batu karang yang membantang di daerah pesisir pantai. Perairan pantai berwarna biru, dengan bau air serta temperatur yang normal, dan kemiringan basic Jaut yang tengah. Pantai ini termasuk juga kedalam kelompok pantai yang stabil lantaran tingkat abrasi yang kedl serta memiJiki tinggi gelombang rata-rata sebesar 1-2 m.

Rumput laut adalah flora laut yang menguasai, sedang fauna laut yang menguasai yaitu ikan kecil, kerang serta siput. Satu diantara keindahan pantai Karang Paranje yaitu pasir yang berwarna putih bersih dengan panjang pinggir pantai kian lebih 2. 000 mtr. serta lebar 100-200 mtr..

Untuk daerah pinggir pantai flora dominannya yaitu pandan bidur yang daunnya bisa digunakan juga sebagai bahan untuk bikin anyaman.
Kwalitas serta kebersihan lingkungan pantai termasuk baik, lantaran pantai ini memanglah belum tersentuh pembangunan sarna sekali. Dengan cara umum di pantai ini tak diketemukan beragam bentuk pencemaran (air, hawa, serta tanah), dan tak ada vandalisme serta pencemaran sampah. Serta pantai ini mempunyai visabilitis bebas, serta tingkat kebisingan yang rendah.

Batas administrasi dari Pantai Karang Paranje ini adalah
juga sebagai di samping utara berbatasan dengan Desa Singajaya, samping barat dengan kota Pameungpeuk, samping selatan dengan Samudra Hindia, serta di samping timur dengan Desa Cipatujah.

Sedang batas alam pantai Karang Paranje yaitu :
Utara : Perkebunan karet Mira-mare
Barat : Sungai Cimerak
Selatan : Samudra Hindia
Timur : Pantai Cijeruk Indah

Sumber air bersih cuma ada di lingkungan pemukiman masyarakat yang bersumber dari sumur-sumur masyarakat, serta jarak sumber air ke ruang pantai sejauh 300 m. Untuk instalasi listrik cuma ada di pemukiman masyarakat, sedang di ruang pantai belum ada instalasi listrik, system komunikasi, system pembuangan limbah.

Aktivitas wisata yang dapat dikerjakan di pantai ini yaitu nikmati panorama pantai (sightseeing), memancing, fotografi, bermain di pantai, berjalan-jalan, serta lihat matahari terbenam (sunset). Kesibukan yang punya potensi untuk di kembangkan diantaranya berperahu, berjemur, spooning nook, serta olah raga air. .

Lantaran Pantai Karang Paranje belum demikian di kenal, jadi untuk sesaat ini sebagian besar pengunjung yang datang ke pantai ini cuma datang dari Garut.
Segi legal serta kebijakan tempat wisata ini masih juga dalam sistem penyusunan Pemda Kabupaten Garut, sedang pengelolaannya oleh Grup Penggerak Pariwisata (Kompepar) serta status kepemilikannya dipunyai oleh orang-orang local.

Segi Khusus
Pantai Karang Paranje yang tenang, indah serta damai ini nyatanya mempunyai kaitan erat dengan suatu centa orang-orang lokal yang menuturkan asal usul nama pantai ini. Konon kabamya pantai ini jadikan tempat persembunyian seseorang Putri. Pada zaman jaman dulu hid up seseorang putri raja yang cantik jelita serta sangatlah suka pada sabung ayam (adu ayam).

Lalu bapak Sang Putri mau mencarikan jodoh untuk anaknya, serta untuk pilih beberapa calon pendamping Sang Putri jadi diadakanlah sayembara memperebutkan Sang Putri. Jika ada beberapa peserta kesatria itu ada yang sukses menaklukkan semua beberapa lawannya, jadi kesatria itu bakal dinikahkan dengan Sang Putn. 

Singkat cerita, teryata sayembara itu dimenangkan oleh seseorang kesatria yang jelek rupa hingga Sang Putri tidak ingin dipersunting oleh kesatria jelek rupa itu, lalu Sang Putri lantas berlari ke suatu pantai yang berbatu serta bersembunyi dibalik karang-karang yang ada di pinggir pantai itu dengan membawa ayam aduan kesayangannya. Lantaran lihat anaknya tak ada ditempat, Sang Raja lalu kirim pasukan untuk mencari anaknya itu. Sesudah berhari-hari mencari, Sang Putri terus tak diketemukan.

Lalu salah seseorang pembantu raja mencarinya di daerah pantai. Saat tengah lakukan pencarian pada pagi hari, ia mendengar nada ayam jantan berkokok dari balik gugusan batu. Lalu ia rnenghampiri nada ayam itu, sesudah tiba ditempat asal sumber nada, beberapa pembantu raja itu temukan Sang Putri. Rupanya ayam jantan yang berkokok itu yaitu ayam aduan yang paling disayangi punya putri itu. Oleh karenanya pantai ini dinamakan Karang Paranje, kata karang diberikan lantaran di pantai itu ada gugusan karang di pesisir pantainya. Sedang kata paranje diberikan lantaran kata paranje memiliki makna kurungan ayam (tempat ayam) yang dikaitkan oleh kokokan ayam jantan punya Sang Putri.

Fasilitas yang ada di ruang pantai hanyal suatu tempat parkir dengan keadaan yang kurang baik, serta permukaan berbentuk tanah dengan vegetasi peneduh yang kurang mencukupi. Fasilitas penunjang dari pantai itu datang dari sarana umum paling dekat berbentuk masjid serta musholla, sarana kesehatan serta sarana keamanan, yang semuanya ada di perrukiman penduduk

Sarana akomodasi belum ada di lokasi pantal Inl. namun jika pengunjung mau menginap bisa memakai fasilitas akomodasi paling dekat yang terdapat di Kecamatan Pameungpeuk. demikian pula dengan rumah makan, yang bejarak : ? 6 km.

Aksesibilitas
Untuk meraih pantai Karang Paranje alat transportasi yang ada yaitu kendaraan umum yang melalui lokasi itu yakni bus dengan tarif Rp. 12. 000/orang, ojeg dengan tarif Rp. 25. 000/orang, serta angkutan kota tarif Rp. 5. 000-6. 000/orang. Saat operasi transportasi menuju lokasi ini dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore.

Aksesibilitas yang ada di lokasi ini berbentuk jalan raya dengan kelas jalan kecamatan selebar 3 m yang menghubungkan Kecamatan Parneungpeuk dengan perkebunan Mira-mare, serta jalan akses dengan lebar 2 m yang mempunyai kwalitas jalan yang cukup, dan jalan setapak selebar 0, 5-1 m dengan kwalitas cukup.
Dari sisi keamanan selama jalan, jalan menuju pantai ini digolongkan baik.

Memang di daerah dan kawasan ini jumlah objek wisata masih banyak yang belum dikelola dengan baik yang termasuk dalam Aneka Tempat Wisata di Garut.Namun belakangan ini selangkah demi selangkah mulai adanya penanganan dan peningkatan dalam mengelola aset wisata di Kabupaten Garut ini.

Menikmati keindahan Pasir yang berada di tepi Pantai Karang Paranje Cibalong Garut banyak dilakukan penduduk lokal maupun wisatawan dari luar kota, biarpun tidak seramai Pantai Kuta Bali.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar