Pantai Cijayana Garut

Wisata Pantai yang berada di Kabupaten Garut memang tak bisa diabaikan bergitu saja.Pantai Garut Selatan memiliki beberapa pantai yang indah dengan pemandangan yang menakjubkan.Tempat Wisata di Garut yang berirama laut serta pantai,salah satunya adalah Pantai Cijayana.

Biarpun tidak setenar Pantai Santolo, namun Pantai Cijayana Garut ini cukup potensial untuk menjadi objek wisata yang ternama di kota ini.Pantai Cijayana adalah satu diantara pantai di daerah Pameungpeuk-Garut yang punya potensi untuk jadikan tempat wisata pantai. Pantai yang tepatnya ada di Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut itu mempunyai luas lokasi lebih kurang 9 ha dengan konfigurasi umum tempat datar dan kemiringan tempat landai dengan kestabilan tanah tengah serta daya serap tanah yang baik.

Pantai itu memiliki type material tanah berbentuk pasir halus dengan warna alami putih kecoklatan. Pantai Cijayana adalah pantai yang mempunyai pinggir pantai yang luas dengan lebar 200 m serta panjang 2000 m, dan pandan bidur juga sebagai flora menguasai di pinggir pantainya.

Kestabilan pantai itu baik lantaran tingkat abrasinya kecil, serta memiliki keadaan perairan yang cukup baik, seperti warna air yang biru dengan bau air normal serta temperatur yang normal. Pantai Cijayana mempunyai tinggi gelombang rata-rata 1 m, serta kemampuan tiupan angin yang tengah dan penyinaran matahari yang cukup, hingga di pantai itu bisa di kembangkan kesibukan berjemur. Kwalitas lingkungan di pantai itu cukup serta tak ada beragam bentuk pencemaran, kebersihan serta keadaan bentang alamnya juga masih tetap belum tereksploitasi. Hal itu karena sebab pantai Cijayana belum disentuh oleh beragam jenis sarana terutama sarana wisata. Untuk nikmati panorama di pantai Cijayana itu, visabilitasnya sangatlah bebas serta memiliki tingkat kebisingan yang rendah.

Sedang untuk infrastrukturnya keseluruhannya infrastrur itu dilihat dari tempat pemukiman paling dekat, yakni berbentuk sumberdaya listrik yang datang dari PLN (untuk lokasi pemukiman paling dekat), sumber air datang dari sumur? sumur yang terdapat di pemukiman masyarakat yang mempunyai kwalitas air yang cukup baik dari sisi kejernihan, rasa, serta bau airnya yang normal.

Untuk menuju lokasi pantai Cijayana ada jalan raya dengan kelas ; jalan kecamatan yang memiliki lebar 3 m, ada jalan akses menuju tempat pantai dengan lebar jalan 3 m serta panjang 1 km dengan kwalitas yang cukup. Sedang untuk transportasinya ada kendaraan umum yang berbentuk ojek dengan cost sekitar Rp. 2000-5000/orang (dari kampung paling dekat ke tempat pantai). Sarana pendukung yang ada di pemukiman paling dekat yakni berbentuk warung ; yang ada di depan jalan masuk ke tempat pantai, tempat beribadah berbentuk musholla masyarakat, sarana kesehatan berbentuk Puskesmas pembantu, serta sarana keamanan desa setempat yang mendukung keamanan menuju ke tempat.

Berdasarkan catatan dan informasi yang lengkap tentang Wisata Pantai Cijayana Garut, kita bisa simpulkan bahwa pantai ini layak dan pantas jadi salah satu bagian dari Pesona Tempat Wisata di Garut,Jawa Barat,Indonesia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar