Tempat Wisata di Kota Intan Garut Selatan

Wisata Pantai yang ada di Kota Garut Selatan yang namanya sedang berkibar adalah Pantai Rancabuaya.Sebagai sebuah Tempat Wisata di Garut,Rancabuaya merupakan sebuah areal dan kawasan atau daerah Wisata di Garut yang sangat ramai didatangi para pengunjung.Wisata Garut ini bisa menjadi pilihan anda,yang ingin menikmati indahnya Tempat Wisata di Kota Intan Garut Selatan.

Pantai Rancabuaya terdapat di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia. Samping utara berbatasan dengan Desa Caringin, samping selatan berbatasan dengan Desa Indralayang, Samping timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya, serta samping barat berbatasan dengan Samudera hindia.

Pantai Rancabuaya yaitu satu diantara tempat wisata pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang mempunyai batu-batu karang besar ini segera berbatasan dengan Samudera Hindia hingga mempunyai ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini yaitu banyak batuan karang yang cukup besar, juga ada tebing batuan yang cukup tinggi dan ada air terjun (Bhs Sunda : curug) yang segera menghadap ke pantai. Hal-hal lain yang menarik yakni banyak ikan-ikan kecil yang terjebak di karang-karang yang terbawa oleh ombak.

Pantai Rancabuaya adalah type pantai berbatu karang hingga kurang pas untuk berenang. Pantai Rancabuaya sendiri adalah pantai pelabuhan hingga anda dapat memperoleh ikan hasil tangkapan segera dari nelayan maupun dari warung di seputar pantai. Status kepemilikan dari tanah di ruang pantai Rancabuaya yaitu sebesar 70% adalah tanah punya serta bekasnya adalah tanah desa. Pengelolaan wisata di ruang Pantai Rancabuaya dikerjakan oleh grup penggerak pariwisata (kompepar) yang terbagi dalam orang-orang setempat. Pantai Rancabuaya memanglah kurang promosi hingga kurang demikian populer. Tetapi pantai ini mempunyai potensi wisata yang cukup besar yakni karenanya ada akses jalan yang cukup lancar serta mulus hingga gampang dijangkau. Sekarang ini tengah dikerjakan pembangunan infrastruktur baru.

Untuk menuju pantai Rancabuaya, anda dapat memakai sebagian alternatif jalan ;

Jalur Garut - Pameungpeuk - Rancabuaya. Jalur ini melalui kota Garut terlebih dulu dengan keadaan jalan cukup baik.

Jalur Bandung - Pangalengan - Rancabuaya. Jalur ini mempunyai keadaan jalan yang bagus serta sudah di hotmix pada nyaris 1/2 jalannya. Adalah jalur yang baru diperbaiki serta di bangun.

Jalur Bandung - Ciwidey - Cidaun - Rancabuaya. Jalur ini melalui lokasi bandung selatan. Beberapa dari jalur ini memakai jalan lintas selatan jawa barat yang menyusuri selama pantai selatan di lokasi jawa barat.

Transportasi umum yang ada yaitu angkutan umum berbentuk Elf dari terminal kota Garut serta dari Pangalengan.

Sarana pendukung

Tempat parkir yang cukup luas
Lesehan khas daerah pantai yang cukup banyak
Pondokan berbentuk penginapan serta villa yang bisa kita sewa
Ada saung-saung wisata yang bisa kita sewa
Akses jalan yang ideal dan sarana yang lain.

itulah salah satu Wisata pantai di Garut yang bernama Pantai Rancabuaya yang terkenal dan ternama di tatar sunda ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar