Tempat Wisata di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya merupakan tetangga dari Kota Garut.Keindahan alam yang dimilikinya hampir sama dengan yang ada dalam Pesona Tempat Wisata di Garut.Yang membuat cukup banyak juga Tempat Wisata di Tasikmalaya yang layak kita jadikan tujuan utama kita ketika berkunjung ke Tasik.

Memang tak semuanya persis, Tempat Wisata di Garut cukup banyak diwarnai nuansa lautan,kalau Tasikmalaya tidaklah begitu.Untuk jelasnya inilah Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya tersebut.

1. Pantai Cipatujah - Memiliki luas 115 ha, Sebuah pantai yang berkarang dan kaya akan terumbu karang yang juga menjadi tempat ikan untuk bertelur dan berkembang biak. Pantai ini juga merupakan pantai yang terlebar dan terpanjang yang berada di kawasan Pantai Selatan, Pantai ini juga menawarkan pasir besi yang sangat baik sekali untuk berjemur dan melakukan aktifitas rekreasi pantai lainnya.

Lokasi : Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah
Koordinat : 7°44,859'S 108°0,634'E
Arah : kurang lebih 74 km menuju arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya
Fasilitas : kios wisata, penginapan, pondok wisata, warung makanan dan minuman, panggung hiburan, balawista, gazebo, dan juga tempat parkir.

2. Pantai Sindang Kerta - Merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan mempunyai taman laut yang sangat mengesankan serta menjadi sebuah tempat habitat bagi penyu (celonyamidas) yang ingin menetaskan telur-telurnya. Di pantai Anda bisa menyaksikan penangkaran penyu yang fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem penyu yang berada di daerah ini agar tidak sampai punah.

Lokasi : Kecamatan Sindangkerta
Koordinat : 7°46,043'S 108°4,463'E
Arah : Kurang lebih sekitar 4 km dari pantai Cipatujah

3. Pantai Karang Tawulan - Berjarak sekitar 100 km dari kota Tasikmalaya. Sebuah pantai yang berkarang dan landai, mempunyai panorama alam laut yang mempesona. Agak ke timur, ada sebuah pulau kecil yang bernama Nusa Manuk. Pada waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni berbagai macam jenis burung.

Lokasi : Kecamatan Cikalong

4. Gunung Galunggung - Anda akan terpana oleh salah satu keajaiban Gunung Galunggung, yaitu sebuah danau yang berada dalam kawahnya. Uniknya lagi karena danau ini airnya dingin dan tidak tercium bau belerang, hal ini sangat berbeda dengan gunung berapi di Indonesia yang lainnya. Pada waktu cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan keajaiban alam lainnya seperti aliran sungai yang turun dari bukit Gunung Galunggung dan akan terlihat seolah-olah seperti air dari langit.

Lokasi : Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Koordinat : 7°15,693'S, 108°5,226'E
Arah : 17 km ke barat Laut Kota Tasikmalaya, 100 km dari Bandung, dan 350 km dari Jakarta.

5. Kampung Naga - Lokasinya sekitar 90 km dari Bandung. Masyarakat yang bertempat tinggal di daerah ini memiliki tradisi lama yang sampai sekarang masih dipertahankan. Keunikan dari kampung ini terdapat pada bangunan-bangunan rumah yang didirikan seragam atau sama, di mulai dari bahan bangunan sampai potongan bangunan serta arah menghadapnya.

Lokasi : Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
Koordinat : -7.363722 S, 107.994425 E
Telepon : (0265)  330165
Internet : kabtasikmalaya@westjava-indonesia.com
Arah : Kurang lebih 30 kilometer dari Kota Tasikmalaya, 26 kilometer dari Kota Garut
Informasi Lebih Lanjut : Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Jl. Otto Iskandardinata No.2, Tasikmalaya

6. Curug Dengdeng - Memiliki keindahan tiga tingkat air terjun. Yang pertama ketinggiannya 13 m, yang kedua 11 m, dan yang ketiga sekitar 9 m, dari tingkat pertama Anda bisa melihat aliran Sungai Cikembang. Tantanglah diri Anda sendiri untuk menuju Curug Dengdeng yang membutuhkan perjalanan cukup melelahkan karena hanya dapat berjalan kaki untuk melewati kondisi yang masih sangat alami melalui hutan jati.

Lokasi : Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah
Koordinat : 7°44,814'S 108°6,111'E

Tempat Wisata Religi di Tasikmalaya

1. Makam dan Gua Pamijahan

Lokasi : Kampung Pamijahan, Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong
Arah : Untuk sampai ke lokasi dapat dijangkau dari jalan raya bisa hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki menuju makam sekitar 500 m, sedangkan menuju goa sekitar 2 km.

2. Masjid Manonjaya

Lokasi : Kampung Kaum, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya
Koordinat : 7°21'4.4298''S 108°18'25.8152''E

3. Makam Baganjing

Lokasi : Kompleks makam terletak di utara jalan desa dan di sebelah selatan aliran Sungai Ciwulan Kampung Panembong
Koordinat : 07º27'06’’ S, 108º11'45’’ E

4. Makam Tanjung Malaya

Lokasi:  Kampung Sukasirna
Koordinat : 07º21’19’’ S, 108º18’08’’ E

Tempat Wisata Gua, Situs dan Bersejarah di Tasikmalaya

1. Goa Malawang - Lokasi : Kampung Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal Koordinat : 7036’64” S, 108012’43,5” E
2. Gua Wadon - Lokasi : Kampung Jompong, Desa Mertajaya.
3. Gua Anteg - Lokasi : Blok Gunung Kutu, Kampung Sukapura, Dusun Anteg Hilir, Desa Malatisuka Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
4. Gua Ranggawulung - Lokasi : Kampung Samawa, Dusun Nagaracina, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong
5. Gua Cupu Agung - Lokasi : Kampung Cupu Agung, Dusun Cikebi, Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
6. Situs Geger Hanjuang - Lokasi : Bukit Geger Hanjuang, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari
7. Situs Gua Malawang (Gorin & Batu Masigit) - Lokasi : Kampung Nagrak, Desa Sukawangun.
8. Situs Kabuyutan Linggawangi - Lokasi : Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari
9. Situs Bumi Rongsok - Lokasi : Dusun Demunglandung, Desa Papayan Kecamatan Jatiwaras, sekitar 20 km dari pusat kota Tasikmalaya, pada 269,7m, Kordinat : S.07º 27. 869’, E 108º  12. 376’
10. Situs Joglo dan Gua Sarongge (Seikh Zaenudin) - Lokasi : Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah.
11. Situs Kabuyutan Nagaratengah - Lokasi : Sekitar 25 km  dari pusat kota Tasikmalaya tepatnya di Desa Nagaratengah dan sekitarnya.
12. Situs Sodonghilir ( Syeikh Tubagus Anggariji ) - Lokasi : Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir.
13. Situs Walahir - Lokasi : Desa Linggawangi, kecamatan leuwisari
14. Situs Kaputihan - Lokasi : Desa Purwahayu, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya.
15. Situs Sukamanah (KH. Zaenal Mutofa) - Lokasi : Desa Cimerah Kecamatan Singaparna, jarak sekitar 15 Km dari pusat kota Tasikmalaya

16. Situs Tapak Sartika - Lokasi : Kampung Ciampanan, Desa Cineam, Kecamatan Cineam, berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Wisata Seni, Budaya, Sejarah dan Lain-lainnya di Tasikmalaya

1. Balap Kerbau di Pantai Cipatujah
2. Pesta Nelayan di Pantai Pamayangsari
3. Batik Tasikmalaya
4. Badeng
5. Merak
6. Upacara Hajat Sasih Kampung Naga
7. Celempungan
8. Calung Tarawangsa
9. Selacau Parung Ponteng
10. Perkebunan Teh Sumbawa
11. Sanghyang Kab. Tasikmalaya
12. Museum Sukapura Kabupaten Tasikmalaya

Itulah Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya / Tasik,salah satu kota di Jawa Barat yang cukup maju juga dalam segala bidang,termasuk pariwisatanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar