Wisata Gunung Cikuray

Sebenarnya yang namanya Tempat Wisata, tentu saja merupakan daerah atau kawasan yang menarik.Pesona Tempat Wisata di Garut juga memiliki bermacam ragam wisata yang indah dan menarik, dari mulai wisata pantai,hutan,gunung,budaya,mistis,belanja,sejarah,kuliner serta jenis wisata yang lain.

Mendaki Gunung Cikuray akan menjadi sebuah wisata, bagi yang suka mendaki tentunya,karena bagi yang tidak, akan sangat menyiksa dan melelahkan saja.Ada sebuah rasa tersendiri ketika kita bergelut dengan alam dan mencoba bersahabat dengannya.Seperti itulah apa yang dirasakan seorang pendaki sejati.

Salah satu Gunung di Garut adalah Cikuray,yang merupakan gunung tertinggi di Kota Garut,Jawa Barat. Gunung Cikuray yaitu satu gunung yang terdapat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai memiliki ketinggian 2. 821 mtr. diatas permukaan laut serta adalah gunung paling tinggi ke empat di Jawa Barat sesudah Gunung Gede. Gunung ini ada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, serta Dayeuh Manggung.

Untuk meraih Cikuray bisa ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur itu tawarkan medan yang begitu menarik dengan ciri-ciriistik semasing. Jalur bayongbong yaitu jalur yang paling terjal, namun bisa cepat hingga di puncak. Bila anda bukanlah warga Jawa barat, mendaki Cikurai harus satu paket dengan Gunung Guntur serta Gunung Papandayan. Keduanya tawarkan medan pendakian yang menarik.

Lantaran letaknya tertinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray digunakan untuk stasiun pemancar TV swasta serta TVRI. Gunung Cikurai memiliki lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Dipterokarp Atas, Rimba Montane serta Rimba Ericaceous.

Namun bagi para pendaki, ketinggian dari Gunung Cikuray Garut ini memang tak seberapa,terkecuali bagi yang hanya suka mendaki saja,cukup berat juga melakukan perjalanan ke Puncak Cikuray ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar