Wisata Gunung Papandayan Garut Terbaru

Kota Garut terkenal dengan wisatanya yang lengkap dan juga komplit. Selain Anda bisa menikmati wisata alamnya yang indah banyak juga hotel – hotel di Garut yang terkenal dengan konsep alamnya juga yang indah. Artikel kali ini saya akan membahas tentang salah satu wisata yang terkenal di Garut yaitu Gunung Papandayan Garut.

Gunung Papandayan Garut Dulu


Gunung Papandayan Garut DuluGunung Papandayan Garut merupakan salah satu Gunung yang berada di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, Jawa Barat – Indonesia. Tempat Wisata ini merupakan salah satu yang terbaik di kota Garut. Pesona yang dipancarkan oleh Padang Edelweiss dan Hutan Mati yang berada digunung ini begitu memikat. Mampu menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjungi salah satu gunung terbaik ini.

Selain faktor keindahan hutan mati dan pesona padang edelweis Garut. Faktor utama yang menjadi daya tarik wisata adalah aktivitas wisata mendaki gunung yang saat ini menjadi favorit masyarakat. Terinspirasi dari Soe Hok Gie yang semasa hidupnya menghabiskan waktu di gunung, munculah orang-orang yang sama. Namun bagi pendaki pemula pasti segan untuk mendaki Gunung Rinjani ataupu Gunung Semeru. Maka dari itulah mendaki Gunung Papandayan Garut adalah adalah solusi yang tepat bagi para pemula. Gunung papandayan adalah salah satu gunung dengan trek cukup mudah yang ada di Jawa Barat.

Karena treknya yang cukup mudah dan juga pendek, Gunung ini cukup bersahabat bagi para pendaki pemula yang ingin membawa semua anggota keluarga serta membawa anak-anak. Terdapat dua jalur untuk menuju ke Gunung Papadayan Garut, yaitu memilih jalur Cisurupan ataupun Jalur Pangalengan. Di Gunung Papadayan ini terdapat beberapa kawah yang terkenal diantaranya : Kawah Mas, Kawah, Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan


Kawasan ini sebenarnya lebih berpotensi wisata dibanding dengan mendaki. Yang menjadi daya tarik wisata yang menarik dan sering dikunjungi adalah. : Kawah Gunung Papandayan merupakan kompleks Gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Itu merupakan Gunung berapi strato (2), di kawah tersebut menimbulkan suara-suara yang cukup unik. Blok ppondok saladah merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha. Dengan ketinggian 2.288 meter diatas permukaan laut. Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan :

  • Menikmati keindahan dan keunikan alam
  • Lintas alam
  • Berkemah
  • Memotret
  • Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.

Pesona yang ditunjukan oleh padang edelweiss gunung papandayan sebanarnya sangat indah dilihat, namun untuk dapat sampai ke Gunung Papandayan ini cukup lama. Jalur menuju ke Cisurupan cukup mudah dikarenakan treknya yang aman dan bersahabat bahkan bagi para pendaki pemula sekalipun. Untuk mencapai Basecamp, pengunjung harus sampai ke gerbang pendakian terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan menuju basecamp, bisa menyewa ojek dengan tarif berkisar Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 30.000. Setelah sampai pengujung dapat melakukan registrasi lalu melanjutkan perjalanan.

Setelah anda masuk ke kawasan gunung, anda akan langsung disuguhkan dengan trek awal dengan bebatuan yang cukup menanjak. bagi anda yang tidak terbiasa pasti akan merasa kelelahan serta lutut terasa sakit. Diarea ini bau belerang akan terasa cukup menyengat, dan ada 14 Kawah yang dimiliki Gunung Papandayan, namun tidak semua berasap putih, ada juga kawah yang mengeluarkan asap yang berwarna kekuningan.

Saat anda memasuki trek yang ke dua anda akan merasa lebih leluasa dengan udara yang cukup sejuk, karena banyaknya pepohonan. dikawasan ini biasanya menjadi tempat untuk bersuka ria berphoto-poto dengan background kawah atau hutan mati.

Gunung Papandayan Garut Sekarang


Gunung Papandayan Garut SekarangObjek wisata papandayan yang sekarang memang sangat jauh berbeda dengan yang dulu. Wisata ini sekarang sudah dikelola oleh salah satu pihak perusahaan yaitu PT. AIL. Sekarang gunung papandayan ini di mulai dari fasilitasnya hingga akomodasinya terus di perbaiki. Bahkan bisa saya katakan wisata ini jauh lebih keren dan lebih menarik dari pada dulu.

Namun tentunya untuk mendapatkan sesuatu yang lebih keren dan juga lebih menarik tersebut ada biaya lebih yang mesti Anda keluarkan. Biaya tersebut sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Seperti layaknya berwisata ke papandayan Garut ini. Dahulu memang tiket masuk untuk berwisata kesini sangat murah hanya Rp. 5.000,- / orang.

Akan tetapi untuk tiket masuk yang sekarang jauh lebih mahal Rp. 25.000,-. Selain karena pihak perusahaan yang mengelola, fasilitas dan juga akomodasi yang Anda dapatkan sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Aktivitas Wisata Yang Bisa Dilakukan


Aktivitas Wisata yang sekarang bisa Anda dapatkan pun lebih banyak dan lebih menarik. Berikut uraiannya !

  1. Mendaki Gunung Untuk Mencapai Kawah
  2. Berfoto di kawah
  3. Melihat Kawah Secara Terbuka di Ghober Hoet
  4. Menikmati Sunset
  5. Melaksanakan Camping di Bumi Perkemahan Yang Tersedia
  6. Menikmati Sepeda Gunung
  7. Berfoto Dengan Backround Papandayan di Menara Pandang
  8. Menikmati Makanan di Puncak Kawah

Selain aktivitas wisata diatas sebenarnya masih banyak lagi aktivitas wisata lainya. Namun sayang otak saya saat ini lagi mumet jadi gak bisa ke tulis semua deh :). Mohon di maklum yah sobat.

Fasilitas & Akomodasi Yang Sekarang


Nah disini saya akan memberikan bukti bahwa objek wisata papandayan Garut ini yang sekarang sudah lebih keren dan lebih bagus. Itu terlihat dari fasilitas dan akomodasi yang terus ditingkatkan sehingga membuat wisatawan lebih nyaman.

Berikut ini beberapa fasilitas dan akomodasi yang baru selesai di bangun, dan sudah bisa dinimkati.

  • Kolam Renang Air Panas
  • Tempat Selpie Area
  • Watch Tower (Menara Pandang)
  • Hotel & Penginapan
  • Restoran
  • Kantin
  • Mesjid
  • Toilet di Perjalanan menuju kawah
  • Akses Jalan Yang Semakin Lebar dan Bagus

Itulah beberapa akomodasi dan juga fasilitas yang sekarang sudah bisa Anda nikmati dan rasakan sensasinya di gunung papandayan Garut.

Tiket Masuk Gunung Papandayan Garut


Tiket Masuk Gunung Papandayan Garut 1

Berbeda fasilitas dan akomodasinya dengan yang dulu, berbeda pula tiket masuknya dengan yang dulu. Jika dulu Anda suka bermain ke objek wisata papandayan dengan hanya membayar Rp. 5.000,- / orang ditambah Rp. 2.000,- untuk parkir.

Sekarang justri akan lebih banyak uang yang mesti anda keluarkan. Untuk Tiket Masuk Saja Anda bisa mengeluarkan uang Rp. 25.000,- / orang dan Rp. 12.000,- untuk biaya masuk motor dan parkir. Belum lagi tempat menyimpan Helm sebesar Rp. 5.000,- / helm. Jadi hanya untuk hiking Anda bakal menghabiskan uang sebesar Rp. 42.000,- / orang.

 

 

Lokasi


Untuk alamat lengkap Gunung Papandayan Garut terletak di Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

KOMENTAR