Review Wisata Situ Bagendit

Selamat berkunjung kembali di website Paket Wisata di Garut. Kali ini saya kembali akan share salah satu informasi tentang tempat wisata yang ada di kota Garut. Informasi yang akan saya share kali ini adalah tentang review wisata situ bagendit Garut.

Untuk Anda yang sering main ke Garut pasti tahu tempat yang satu ini. Akan tetapi wisata ini sekarang banyak perubahan dari segi fasilitas dan juga akomodasinya. Sebelumnya Anda juga bisa melihat artikel saya yang kemarin telah saya tulis dengan judul Awit Sinar Alam Darajat. Informasinya bisa Anda akses DISINI!.

Tentang Situ Bagendit


Alam selalu memberikan kita keindahan dan pelajaran serta kesan yang berarti bagi setiap makhluk hidup. Karena alam juga ikut serta dalam kelangsungan hidup kita. Saya akan memberikan gambaran keindahan alam melalui objek wisata Situ Bagendit. Situ Bagendit adalah salah satu objek wisata yang berada di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Jawa Barat. Sebuah Danau yang indah tepat berada di pinggir jalan raya Bayuresmi ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Situ Bagendit Garut3

Tidak hanya pemandangan Danau saja yang terdapat di Situ Bagendit. Tetapi nampak Wajah beberapa Gunung yang seolah menjadi background dari Situ ini. Yaitu terlihat jelas wajah Gunung Guntur dan Gunung Cikuray menyapa penginjung yang sedang berada di objek wisata ini. Untuk anda yang ingin mengelilingi Danau bisa menggunakan rakit yang dikemudikan oleh 2 orang dengan di dorong oleh sebuah tombak atau kayu besar.

Wahana bermain anak pun tersedia berbagai jenis outbound seperti flyingfox. Ada perahu angsa untuk di danau, ada kereta api mini dan jenis permainan lainnya. Situ bagendit ini memiliki area yang cukup luas serta padagang-pedagang saung makanan maupun hasil kerajinan tangan berjajar di panjang pinggir Danau menghiasi Situ bagendit ini. Udara disini sangat sejuk karena memiliki pepohonan dan dekellilingi sawah atau ladang pertanian kecil. Untuk anda yang suka selfie sangat tepat Situ bagendit menjadi view selfie anda pemandangan yang jarang anda temukan .

Legenda Situ Bagendit


Sejuta cerita sejuta tanya yang menggambarkan Danau yang satu ini. Selain memiliki tempat yang indah Bagendit pun punya cerita sejarah tersendiri.

Situ Bagendit Garut

” Bagaimana awal mula ada nya Situ Bagendit ini, Konon cerita menurut sesepuh atau tokoh masyarakat setempat bahawa dahulu Ada seorang Gadis kaya yang Pelit bernama Nyai “Endit” akan di daerah tersebut.

Pada suatu hari ada seorang kakek-kakek dengan tongkat kayu nya berbaju lusuh. Kakek itu berbaju kotor kemudian mengemis meminta sedekah kepada rumah nyai Endit. Dalam cerita ini nyai Endit merupakan orang yang terkenal dengan kekayaannya. Namun pada waktu itu juga (nyai Endit) sendiri yang di kenal pelit.

Ia kemudian membuka pintu dan menemui si kakek pengemis itu. Tanpa bertanya nyai Endit sang pemilik rumah langsung menolak untuk memberikan sedekah dan mengusir si kakek tersebut.  Tidak lama kemudian si kakek pengemis itu meresponnya dengan menancapkan tongkat kayu nya ke bawah tanah.

Tongkat yang di tancapkannya itu berada tepat di depan rumah nyai endit. Tiba-tiba mucul lah air dari bawah tanah tersebut sangat besar seperti bersumber dari air laut yang deras juga besar. Pada saat itu seolah terjadi bencana karena air tersebut menenggelamkan rumah dan desa tersebut. Nyai Endit sendiri tenggelam bersama rumah dan desa yang mengubah rumah dan tempat dia tinggal menjadi sebuah danau yang dinamakan Situ bagendit. Begitulah legenda atau cerita dari situ bagendit ini .

Dari Legenda Situ bagendit, kita bisa mengambil  hikmah dari kejadian tersebut yang menyadarkan kita untuk hidup saling tolong menolong sesama mahluk hidup. Sebagai sesama mahluk social kita diperntahkan oleh Allah SWT untuk saling menolong. Kita pun sangat tidak disarankan untuk pelit karena di sebagian harta kita tersimpan hak milik orang lain.

Tiket masuk Situ Bagendit


Disamping situ bagendit menyimpan cerita mistis, sekarang bagendit sudah merupakan sebuah objek wisata. Wisata ini juga sudah sangat terkenal baik itu oleh kalangan wisatawan lokal muapun wisatawan asing.

Banyak orang jauh-jauh rela datang kesini hanya untuk melihat dan berwisata kesini. Bahkan setiap weekendnya wisatawan yang datang bisa berkali-kali lipat dari hari biasa. Sebagai salah satu objek wisata Situ Bagendit sekarang mematok harga untuk seseorang bisa masuk.

Tapi tenang tiket masuknya tidak mahal kok. Hanya Rp. 5.000,- / orang Anda sudah bisa menikmati kawasannya. Akan tetapi jika Anda ingin naik perahu atau sepeda air, maka Anda harus bayar lagi sesuai dengan budget wahana yang di tentukan. Rp. 50.000,- untuk sewa rakit. Sedangkan Rp. 20.000,- untuk sewa sepeda air selama 20 menit.

Biaya lainya yang bisa saja Anda keluarkan saat berwisata kesini adalah Rp. 2.000,- untuk parkir motor dan Rp. 7.000,- untuk parkir mobil.

Lokasi


Lokasi Situ Bagendit sekarang beralamat lengkap di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44191. Untuk akses jalan menuju kesana, Anda bisa mengikuti jalur di google maps berikut ini !

 

KOMENTAR